-->

Senin, 17 November 2014

Mengenal Jenis-Jenis Layar Smartphone, Kelebihan Dan Kekurangannya

author photo
Layar Smartphone

Mengenal Jenis-Jenis Layar Smartphone, Kelebihan Dan Kekurangannya - Di jaman yang semakin maju membuat teknologi layar touch screen yang ada pada smartphone juga berkembang pesat. Perkembangan ini seiring dengan pertumbuhan penggunaan smartphone yang semakin meningkat. Akan tetapi kebanyakan para pengguna ponsel atau smartphone kurang begitu tahu tentang jenis layar yang ada pada smartphonenya. Pengetahuan mengenai Jenis-Jenis Layar Smartphone beserta Kelebihan Dan Kekurangannya ini diperlukan agar pengguna smartphone bisa menentukan perawatan terbaik untuk layar smartphone miliknya.

Berawal dari tahun 2011 yang saat itu kebanyakan para produsen smartphone menggunakan layar bertipe Amoled sampai sekarang muncul berbagai tipe layar yang ada seperti TFT,  IPS LCD, S-LCD, OLED, dan AMOLED. Agar pengguna ponsel lebih paham, maka trik-biru akan membahas satu per satu teknologi-teknologi layar smartphone tersebut.


1# OLED (Organic Light-Emitting Diode)

OLED

Layar OLED terbuat dari karbon dan menghasilkan cahaya jika di aliri dengan arus listrik. OLED memerlukan backlights dan filter seperti yang terdapat pada LCD. Namun komponen OLED lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan tipe layar yang lainnya.
Kelebihan:Konsumsi daya listrik rendah, ringan, dan lebih tipis dibandingkan layar lainnya.
Kekurangan:Hasil warna kurang begitu tajam dan cenderung kekuningan.


2# AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

AMOLED

Layar bertipe AMOLED merupakan penggembangan dari teknologi OLED dan telah hadir lebih awal sejak tipe layar lain belum ada. Layar Amoled dapat menghasilkan kejelasan meskipun berada di bawah sinar matahari. Namun AMOLED kurang bisa menghasilkan ketajaman pada gambar.
Kelebihan:Masih tetap terlihat jelas meskipun di bawah sinar matahari selain itu konsumsi daya rendah.
Kekurangan:Kedalaman gambar kurang dan warna cenderung kekuningan.


#3 TFT (Thin Film Transistor)

TFT

TFT adalah layar yang menggunakan teknologi Active Matrix Color Display, maksudnya adalah layar TFT menempatkan transistor di setiap piksel layar yang mampu dinyalakan dan dimatikan secara individu. Layar ini merupakan generasi terbaru yang dibekali dengan teknologi LCD terbaru juga sehingga di klaim dapat menghasilkan ketajaman warna yang lebih baik.
Kelebihan:Ketajaman warna dan terang lebih baik dari layar bertipe Amoled.
Kekurangan:Membutuhkan konsumsi daya yang besar dan harga komponennya juga cukup mahal.


#4 IPS

IPS

Layar IPS merupakan generasi penerus dari layar TFT, layar ini terdiri dari lapisan-lapisan yang ditumpuk menjadi satu. IPS memberikan viewing angle yang lebih luas sehingga meskipun ponsel dilihat dari samping dan membentuk sudut, layar IPS masih akan terlihat dengan jelas. Selain itu teknologi IPS juga menghasilkan warna terang yang lebih baik, terutama jika layar IPS menampilkan warna putih dan warna terang lainnya maka hasilnya akan tampak lebih cerah dari layar lainnya. Karena merupakan generasi penerus dari layar TFT, IPS juga mengkonsumsi daya yang cukup besar.
Kelebihan:Sudut jangkauan penglihatan lebih luas dan menghasilkan ketajaman untuk warna terang yang lebih baik.
Kekurangan: Konsumsi daya cukup besar, pixel juga rawat terhadap benturan yang bisa mengakibatkan dead piksel.


#5 S-LCD (Super LCD)

SLCD

Layar S-LCD merupakan pengembangan dari layar bertipe LCD, layar jenis ini diklaim dapat menghasilkan akurasi dan kecerahan gambar dan teks yang lebih baik. Selain itu S-LCD juga memberikan viewing angle yang luas seperti halnya layar IPS.
Kelebihan:Akurasi dan kecerahan untuk gambar dan teks lebih baik dari layar lainnya.
Kekurangan:Kurang jelas jika dalam keadaan di bawah sinar matahari secara langsung. 



Setiap jenis layar memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, dengan artikel Mengenal Jenis-Jenis Layar Smartphone, Kelebihan Dan Kekurangannya semoga dapat lebih membantu anda mengenali layar smartphone yang anda gunakan. Dengan begitu anda dapat menentukan perawatan yang terbaik untuk smartphone anda. Kemungkinan untuk beberapa tahun kedepan telah dikembangkan tipe layar ponsel baru yang memiliki kemampuan 3 dimensi yang menarik.



Keywords: Jenis-Jenis Layar Smartphone, LCD, Touch Screen, IPS, Amoled, OLED, TFT, S-LCD, Kelebihan Dan Kekurangan Layar Smartphone.


Bantu kami membagi artikel ini dengan tombol-tombol di bawah ini.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post