-->

Senin, 01 September 2014

Tips Memilih Peralatan Dapur Yang Sehat Dan Berkualitas

author photo
Saat ini peralatan memasak atau peralatan dapur sudah sangat banyak dijual di pasaran. Dari mulai yang harganya mahal hingga yang harganya murah bisa kita jumpai. Ditambah lagi pada era industri saat ini banyak produk-produk luar negeri masuk ke Indonesia termasuk juga peralatan dapur. Saking bervariasinya peralatan dapur yang dijual baik di pasaran maupun di toko online tentu membuat kita bingung memilih yang mana, namun apakah anda berpikir bagaimana pengaruhnya bagi kesehatan anda? Penggunaan peralatan dapur yang tidak memenuhi standar tentulah bisa memicu timbulnya penyakit dalam keluarga anda, oleh karena itu simak tips memilih peralatan dapur yang sehat, aman, namun berkualitas di artikel ini.

Peralatan Dapur

Tips Memilih Peralatan Dapur Yang Aman Bagi Keluarga:

#1 Perhatikan Bahan Peralatan Dapur
Pemilihan bahan peralatan dapur erat kaitannya dengan kesehatan, sebab bila salah memilih tentu berpengaruh bagi kesehatan kita. Bahan pembuat peralatan dapur sangat bervariasi saat ini mulai dari stainless steel, aluminium, besi, tembaga, plastik, dan juga kayu. Tipsnya adalah sesuaikan bahan pembuat peralatan dapur dengan kegunaan peralatan tersebut di dapur.
  • Stainless Steel
Bahan ini tahan terhadap panas namun cepat menghantarkan panas itu, dan jika terkena api tidak menimbulkan kerak. Lemak yang berada di dalam makanan pun juga tidak bisa masuk ke dalam permukaan stainless steel. Oleh karena itu gunakanlah bahan yang terbuat dari stainless steel untuk penggorengan, panci, alat kukus, alat pemanggang, sendok, dan lain-lain yang berhubungan dengan panas.
  • Kaca
Bahan dari kaca ini bersifat solid, lemak dan minyak pun tidak bisa masuk ke dalam permukaan peralatan dapur berbahan kaca. Bahan dari kaca juga mudah dibersihkan, namun kaca terkadang tidak tahan terhadap panas dan memiliki beban yang cukup berat. Oleh karena itu gunakanlah kaca untuk peralatan dapur yang tidak berhubungan langsung dengan api seperti piring, gelas, mangkuk, tutup panci, dan lain sebagainya.
  • Kayu
Sifat kayu ialah menyerap panas dan tidak menghantarkannya, oleh karena itu kayu sangat baik digunakan untuk spatula, sendok nasi, dan sendok sayur. Sayangnya pori-pori pada kayu bisa menyebabkan lemak dan minyak masuk ke dalamnya, karenanya perhatikan cara mencuci perabotan berbahan kayu. Cucilah peralatan kayu hingga tidak ada bekas lemak dan minyak yang menempel, karena jika masih terdapat lemak dan minyak akan menimbulkan jamur.
  • Plastik
Peralatan masak berbahan dasar plastik sebenarnya tidak terlalu baik jika digunakan secara terus menerus, terutama yang berhubungan dengan panas. Karena itu bahan plastik ini paling tepat digunakan sebagai landasan pisau, cetakan, dan tempat puding, atau roti. 
#2 Perhatikan Cara Perawatan
Cara perawatan sangat mempengaruhi ketahanan peralatan dapur itu sendiri, terdapat beberapa tips membeli peralatan dapur agar bisa bertahan lama.

  • Pilihlan peralatan dapur yang mudah dibersihkan, ini untuk menghindari debu dan kotoran yang mungkin menempel pada peralatan dapur tersebut.
  • Jika memungkinkan, pilihlah peralatan dapur yang dapat dibongkar dan dipasang kembali. Peralatan dapur seperti ini akan memudahkan anda untuk membersihkannya.
  • Pilih peralatan dapur yang tidak memiliki warna-warna mencolok, hal ini untuk menghindari lapisan warna yang berada di dalamnya larut ke dalam makanan.
  • Pilih bentuk peralatan masak anda yang tidak terdapat siku-siku tajam agar tidak membahayakan diri anda.



#3 Harga

Tidak semua peralatan masak berharga mahal berkualitas baik, dan tidak semua peralatan masak berharga murah memiliki kualitas yang buruk. Berikut beberapa tips memilih peralatan masak berdasarkan harga.

  • Untuk peralatan memasak elektronik atau menggunakan daya listrik pilihlah merk yang sudah teruji, meskipun sedikit mahal namun ke awetan barang tersebut bisa anda percaya.
  • Untuk peralatan masak pendukung yang tidak terlalu sering anda gunakan, anda bebas untuk memilih harga mahal ataupun murah, seperti: sendok, spatula, landasan pisau, tutup  gelas, tempat puding dan lain-lain.
  • Untuk peralatan masak yang berhubungan langsung dengan api seperti penggorengan, panci, dan lain-lain, pilihlah yang sudah terdapat standar nasional dari bahan tersebut.



#4 Fungsi

Peralatan masak juga dipengaruhi dari fungsi barang tersebut, beberapa cara untuk memilih peralatan dapur berdasarkan fungsinya sangat penting agar anda tidak membeli barang yang sia-sia. 

  • Jika memungkinkan, belilah peralatan masak yang memiliki fungsi tunggal, jika menggoreng hanya menggoreng saja. Jangan memilih peralatan masak yang dapat digunakan untuk berbagai hal alasannya adalah jika masih tertinggal sisa bahan masakan pada saat anda mencuci maka bahan tersebut akan tercampur-campur dan menimbulkan racun.
  • Peralatan dapur yang memiliki fungsi tunggal akan lebih awet, karena memang di desain khusus untuk satu jenis pekerjaan.
  • Pilihlah peralatan dapur yang mudah dipakai dan nyaman untuk anda, seperti belilah penggorengan atau panci dengan isolator panas di sampingnya.



Jika tips memilih peralatan dapur tersebut sudah anda terapkan, maka kesehatan anda akan terjamin. Peralatan dapur yang anda beli pun tidak cepat rusak, dan memasak bukan menjadi hal yang sulit lagi. Yang paling penting dan yang harus anda perhatikan ialah kebersihan peralatan harus anda jaga, ini untuk menghindari penyakit yang timbul akibat kuman dan bakteri. Demikian artikel mengenai Tips Memilih Peralatan Dapur Yang Sehat Dan Berkualitas semoga dapat bermanfaat.


1 komentar:

avatar
seravina danniella delete 20 Maret 2018 pukul 19.16

Terima kasih atas inspirasinya. Untuk mendapatkan masakan yang sehat, Anda harus memastikan alat memasaknya pun sehat. Selamat memasak.


Oxone

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post